Adventure Time - Marceline
 photo Leelou Blogs free social icons blogger blue_zps5bp2wbfc.png photo Leelou Blogs free social icons Instagram blue_zpsy04xtrhg.png photo Leelou Blogs free social icons Twitter blue_zpshnxwyndx.png photo Leelou Blogs free social icons Facebook blue_zpsvrnnm8an.png

Jumat, 06 Mei 2016

Yuk, intip keseruan Festival Takayama (高山祭) di Jepang

Takayama Matsuri adalah satu dari Festival tercantik di Jepang. Festival ini diselenggarakan dua kali dalam satu Tahun yaitu pada saat musim semi (bulan april) dan musim Gugur (bulan oktober). Festival ini setiap tahunnya selalu dipadati dan dipenuhi oleh banyak orang baik itu orang sekitar Jepang atau wisatawan mancanegara, terlebih lagi karena 2 kali perayaannya yang jatuh tepat dihari libur menjadi alasan mengapa perayaan ini tidak pernah sepi penonton. (Source : http://www.japan-guide.com/e/e5909.html) Festival Takayama dimulai pada abad ke-16 sampai 17 di kota Takayama, Jepang. Asal-usul festival ini tidak diketahui, tetapi penduduk Jepang meyakini bahwa festival ini dimulai pada masa pemerintahan keluarga Kanamori. Festival ini dianggap sebagai salah satu festival paling indah di Jepang. kita bisa menyaksikan sebuah parade besar yang dipentaskan 1000 orang layaknya parade pada abad ke-15. Selama festival digelar, kota Takayama yang tenang ini berubah menjadi lebih semarak dengan pemasangan bendera, lentera, dan masih banyak lagi. Puncak dari festival ini adalah pesta karnaval dan parade boneka kuno. Semua pawai indah ini dihiasi dengan ukir-ukiran, boneka, tirai, vernis, dan tirai bamboo.(soure:http://www.jnto.go.jp/eng/location/spot/festival/takayamamatsuri.html) Parade paling populer di Festival Takayama adalah parade Tokeiraku yang menampilkan orang memakai topi yang dihiasi dengan bulu burung. Festival ini juga diikuti oleh peluncuran 100 lampion cantik dan menghasilkan pemandangan yang sangat indah. http://www.merdeka.com/gaya/yuk-intip-kemeriahan-festival-takayama-di-jepang.html Pada dasarnya acara pada Sanno-Matsuri dan Hachiman-Matsuri sama yaitu :  pada musim semi diadakan dari tanggal 14-15 april sedangkan pada bulan Oktober dari bulan 9-10 oktober. disebut karakuri ningyo karna Festival terapung di hiasi oleh karakuri ningyo, boneka yang dapat bergerak dan menari.  Dimulai tanggal 14 april dan di kembalikan tanggal 15 april. Sedangkan, pada musim gugur dimulai 9 oktober dan dikembalikan tanggal 10 oktober Mikoshi di bawa berkeliling kota dalam parade selama 2 hari. Mikoshi terdapat Shrine’s Kami ( Shinto Deity).  pada musim semi dirayakan tgl 14 april dan di musim gugur dirayakan pada tanggal 9 oktober masing-masing diselenggarakan pada sore hingga malam hari. pada sore hari di hari pertama perayaan, begitu banyak Yatai yang memenuhi sepanjang jalan kota tua Takayama sekitar 2 - 3  jam. Festival ini dibuat sebagai puncak dari festival takayama dimana banyak pengunjung yang datang untuk sekedar menonton festival ini. Tetapi jika cuaca buruk, karena ini bukan ritual wajib kemungkinan dihapuskan dari rangkaian festival itu memang mungkin.

Festival musim semi Takayama disebut Sanno Matsuri dilaksanakan pada tanggal 14-15 April di Hie Shrine. Pada dasarnya festival ini dimulai pada 1 maret dimana orang – orang yang berada di sebelah selatan kota tua Takayama akan pergi ke kuil suci dan setelah mereka selesai mlakukan serangkaian kegiatan pada tanggal 14 april barulah festival dimulai.  (http://www.hidanet.ne.jp/e02/ematsuri/eharu.htm) Sedangkan, Fetival musim gugur Takayama disebut Hachiman Matsuri dilaksanakan 9-pada tanggal 10 Oktober di Sakurayama Hachiman Shrine. (source:http://www.jnto.go.jp/eng/location/spot/festival/takayamamatsuri.html ) sebenarnya Festival yang ssungguhnya telah dimulai pada tanggal 7 oktober, penduduk yang berada disebelah utara kota tua Takayama akan pergi ke kuil suci dan barulah setelah serangkaian acara sakral selesai festival dimulai.  Begitu banyak rangkaian acara difestival ini yang memberikan nuansa gembira.                                          ( source : http://www.hidanet.ne.jp/e02/ematsuri/eaki.htm)             
a.      Yatai (Festival terapung)

diselenggarakan pada 14 april dan 9 oktober, keduanya diselenggarakan dari pagi hingga sore hari. Festival Floats (yatai) ditampilkan di Jalan Takayama. Tetapi , ketika Cuaca tidak bersahabat ditampilkan di ruangan yang telah dipersiapkan dengan pintu yang dibiarkan terbuka agar orang lain masih dapat melihatnya.
a.      Karakuri
 pada musim semi diadakan dari tanggal 14-15 april sedangkan pada bulan Oktober dari bulan 9-10 oktober. disebut karakuri ningyo karna Festival terapung di hiasi oleh karakuri ningyo, boneka yang dapat bergerak dan menari. 

b.      Mikoshi
Dimulai tanggal 14 april dan di kembalikan tanggal 15 april. Sedangkan, pada musim gugur dimulai 9 oktober dan dikembalikan tanggal 10 oktober Mikoshi di bawa berkeliling kota dalam parade selama 2 hari. Mikoshi terdapat Shrine’s Kami ( Shinto Deity).

c.       Festival Sore
 pada musim semi dirayakan tgl 14 april dan di musim gugur dirayakan pada tanggal 9 oktober masing-masing diselenggarakan pada sore hingga malam hari. pada sore hari di hari pertama perayaan, begitu banyak Yatai yang memenuhi sepanjang jalan kota tua Takayama sekitar 2 - 3  jam. Festival ini dibuat sebagai puncak dari festival takayama dimana banyak pengunjung yang datang untuk sekedar menonton festival ini. Tetapi jika cuaca buruk, karena ini bukan ritual wajib kemungkinan dihapuskan dari rangkaian festival itu memang mungkin.

Watch out this video :
Describes : Takayama Autumn Festival 2011 (Night Festival)

Describes : Sanno Matsuri, Takayama

Tidak ada komentar:

Posting Komentar